4 Manfaat Menggunakan Jasa Outsourcing

Jangan terlebih dahulu menghakimi sebelum tahu yang sebenarnya.

sebelum ke pembahasan utama 4 Manfaat Menggunakan Jasa Outsourcing, saya akan membagikan kepada anda beberapa indikasi kenapa anda butuh jasa outsourcing, yaitu :

  1. Jika cara kerja yang dilakukan sudah tidak efesien
  2. Jika biaya operasional semakin tinggi
  3. Jika daya kompetisi rendah
  4. Jika sudah menggunakan berbagai cara tapi tetap belum berhasil

Coba kalian lihat internal perusahaan kalian, bagaimana keadaannya, mudah-mudahan kita semua dalam keadaan yang terbaik, tapi bukan berarti di saat kondisi tidak sedang apa-apa tidak membutuhkan outsourcing apa lagi di saat terjadi pandemi seperti ini, di mana hampir semua perusahaan yang terkena dampak wabah covid-19 sedang mengurangi pegawai, kok malah ada beberapa perusahaan yang cari jasa outsourcing. Itu karena dia sudah tau manfaatnya, sebenarnya tidak akan merugi jika anda bekerja sama dengan perusahaan outsourcing yang punya integritas tinggi tapi kan di dunia ini segala sektor pasti ada yang berniat jahat, negatif dan berbagai hal buruk lainnya yang ingin mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa memperdulikan pihak lainnya. (Semoga kita semua terhindar dari orang-orang yang mempunyai niat jahat ya) Kita pasti sering banyak mendengar cerita sukses pekerja outsourcing, yang kinerjanya lebih berkontribusi dari pada karyawan tetap perusahaan tersebut. Ini terjadi mungkin karena jika manusia sudah di posisi nyaman, untuk apa berpikir untuk melakukan perubahan inovasi yang beda dari kompetitor sedang kan orang yang sedang merintis karir, bahkan dari outsourcing terus melakukan inovasi agar dapat di lirik, sehingga hal tersebut dia terapkan ketika sudah dipercaya oleh perusahaan. Jadi untuk menempa karyawan yang siap bersaing di outsourcing lah tempatnya, mari kita ke pembahasan 4 Manfaat Menggunakan Jasa Outsourcing Buana Sinergi

Buana Sinergi“Jasa penyedia tenaga kerja outsourcing / labour supply terbaik – Buana Sinergi”

  1. Manfaat outsourcing bagi pemerintah :

Yang pertama kita bahas manfaat bagi pemerintah jika menggunakan jasa outsourcing, tentu seperti kantor-kantor dinas atau kementerian mereka sangat membutuhkan jasa outsourcing, karena dengan sumber daya yang ada untuk menjalankan program – program yang sudah di rencakan agar sesuai dengan yang di rencana kan. manfaat jasa outsourcing untuk pemerintah, antara lain :

1. Dapat membantu mengembangkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan ekonomi secara international
2. Pembinaan dan pengembangan kegiatan koperasi dan usaha kecil
3. Mengurangi beban pemerintah kota/kabupaten dalam penyediaan fasilitas umum, seperti: transportasi, listrik, air dan pelaksanaan ketertiban umum.

2. Manfaat outsourcing masyarakat dan pekerja

selanjutnya 4 manfaat menggunakan jasa outsourcing yaitu untuk keberlangsungan masyarakat dan pekerja, selain perusahaan outsourcing akan membuka lapangan pekerjaan yang seluas – luasnya biasany outsourcing yang kompeten, akan memberikan up skilling bagi karyawan atau para masyarakat yang ingin terjun ke dunia pekerjaan. Tentu ini sangat berdampak terhadap perkembangan SDM dimana pemerintah pun sedang memfokuskan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia negara Indonesia. Manfaat menggunakan jasa outsourcing bagi masyarakat dan pekerja antara lain ;

1. Aktifitas industri di daerah akan mendorong kegiatan ekonomi penunjang di lingkungan masyarakat, seperti: adanya pasar, warung makan, sarana transportasi dan sebagainya.
2. Mengembangkan infrastruktur sosial masyarakat, budaya kerja, disiplin dan peningkatan kemampuan ekonomi
3. Mengurangi pengangguran dan mencegah terjadinya urbanisasi
4. Meningkatkan kemampuan dan budaya perusahaan di lingkungan masyarakat

“Selain jasa outsourcing Buana Sinergi menyediakan jasa Konsultan Manajemen, Jasa Survey dan Pelatihan HR

3. Manfaat outsourcing bagi industri

Selanjutnya tentunya manfaat bagi industri, industri di semua bidang baik yang sedang booming industri teknologi, lalu pertambangan, industri produksi, jasa outsourcing dapat membantu ke semua sektor tersebut sesuai dengan kompetensi dan peraturan perundangan yang berlaku. Maka manfaat menggunakan jasa outsourcing untuk industri antara lain :

1. Mengurangi beban keterbatasan lahan untuk pengembangan perusahaan di kawasan industri

2. Meningkatkan fleksibilitas dalam pengembangan produk baru dan penyesuaian dengan perkembangan teknologi, sehingga perusahaan dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan produk baru dan teknologi baru

3. Produk yang sudah stabil dan menggunakan teknologi lama bisa dikembangkan di perusahaan mitra

4. Meningkatkan daya saing perusahaan fasilitas dan teknologi yang berkembang sangat cepat

Nah yang terkahir yaitu 

4. Manfaat strategis outsourcing

untuk stategis outsourcing antara lain;

  • Meningkatkan fokus perusahaan pada bisnis inti.

    Kalau kita ibaratkan dalam kehidupan kita, bisa saja mendidik anak dilakukan sendiri di rumah, namun kita menyerahkan kepada sekolah karena mereka lebih ahli dalam bidang pendidikan. Dalam hal ini perusahaan akan fokus pada bidang keahliannya saja dan menyerahkan pekerjaan lain kepada pihak yang lebih ahli dan lebih menguasai bidang tersebut.
 
  • Mempercepat proses adaptasi terhadap perubahan bisnis.

    Ini dikarenakan pihak eksternal yang direkrut adalah para ahli yang berkecimpung di bidang yang sama dan di industri yang sama, sehingga kecepatan untuk melakukan perubahan pun dapat tercapai melalui outsourcing.
 
  • Memecahkan masalah yang sulit dikendalikan dan dikelola.

    Salah satu alasan perusahaan untuk mengimplementasikan outsourcing adalah karena proses bisnis di perusahaannya sudah tidak lagi efesien lantaran rentang biokrasi yang sangat berbelit. Rentang birokrasi yang panjang tersebut tidak hanya membuat mekanisme kontrol menjadi sulit, tapi juga membuat pekerjaan menjadi tidak efektif. Dengan menggunakan jasa outsourcing, problem tersebut bisa diatasi.
 
  • SDM yang ada dapat digunakan untuk kebutuhan yang lebih strategis.

    Diperusahaan yang segala sesuatunya sudah tertata dengan baik, termasuk jumlah dan pengadaan SDM-nya, keputusan untuk melakukan rekrutmen baru biasanya tidak semudah yang dibayangkan. Disisi lain, pemanfaatan tenaga kerja yang ada untuk menangani pekerjaan tambahan juga bisa menimbulkan masalah, misalnya si pekerja tadi menjadi tidak fokus pada pekerjaan atau tugas pokoknya. Karena itu, untuk mengatasi masalah ini, sejumlah perusahaan memilih menggunakan jasa outsourcing, karena pola ini tidak mengganggu SDM yang sudah ada.
 
  • Memungkinkan penghematan dana kapital.

    Outsourcing juga dapat memberikan financial flexibility bagi perusahaan. Misalnya, perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan riset dan pengembangan yang akhirnya perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Biaya yang perlu dikeluarkan adalah membayar jasa outsource yang kita sewa, pembayarannya dapat dilakukan dengan term payment, tergantung dari hasil  yang telah ditemukan oleh penyedia outsourcing ini.

    Biaya yang dikeluarkan pun menjadi lebih pasti jumlahnya karena dilakukan atau diserahkan kepada ahlinya. Jika perusahaan melakukan sendiri, bisa jadi trial and error dapat terjadi. Hal ini mengakibatkan pengeluaran biaya yang besarnya tidak sesuai dengan perkiraan anggaran semu.

  • Mengefesienkan dan mengendalikan biaya operasional.

    Outourcing juga diakui dapat mengurangi beban biaya operasional. Seperti, misalnya, suatu perusahaan yang meng-outsource bidang IT-nya, akan membuat pekerjaan mereka menjadi lebih efesien. Misalnya, dalam hal pemesanan barang, jika sudah menerapkan IT dan menggunakan IT tersebut untuk memfasilitasi komunikasi antara penyedia barang denganyang membutuhkan barang, maka transaksinya pun menjadi lebih murah dan mudah.
 
  • Memperoleh SDM yang lebih profesional sesuai dengan bidangnya.

    Para karyawan outsourcing umumnya dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang cukup mengenai bidang pekerjaan yang akan mereka tangani. Selain itu, mereka juga telah terbagi dalam beberapa spesialisasi sehingga lebih menguasai.

    Perusahaan outsourcing berpengalaman melakukan tugas-tugas secara berulang-ulang, dengan begitu mereka akan lebih mudah mengetahui detail masalah yang sedang dihadapi.Hal ini bisa terjadi karena mereka tlah melewati masa trial and error.

  • Apakah outspourcing selalu dapat mengurangi beban biaya operasional perusahaan?

    Dengan perhitungan matang tentu saja ad pengurangan biaya dibandingkan jika pekerjaan itu dilakukan sendiri. Misalnya, dengan adanya komponen biaya pesangon yang tidak perlu dianggarkan mengingat pekerjaannya dilakukn dalam bentuk kontrak dan hanya dalam jangka waktu tertentu. Biaya lain yang bisa dihemat adalah mengenai kenaikan gaji, dimana biasanya oekerjaan ini tidak ada jenjang kariernya sehingga biaya yang dikeluarkan relatif stabil.
Untuk perusahaan jasa outsorucing & consulting manajemen terpercaya pastinya Buana Sinergi, sekian dari kami jangan lupa baca artikel kami lainnya dan semoga bermanfaat.
Pelatihan SOP itu apa ? Standar Operating Procedure atau yang biasa di singkat dengan SOP, adalah beberapa kumpulan peraturan yang dibuat untuk mempermudah penyelesaian atau pengerjaan tugas yang dibuat sesuai …

#1 Pelatihan SOP dengan benar dan tepat Read More »

Business Contingency Plan yaitu memperhitungkan risiko-risiko yang kemungkinan dapat terjadi, Perencanaan strategis yang proaktif menhadapi kejadian atau peristiwa sangat diperlukan dalam menjamin keberlangsungan bisnis serta reputasi perusahaan atau organisasi. Mengapa …

Training Business Contingency Plan Read More »

Loss Prevention secara luas didefinisikan sebagai metode apapun (misalnya, keamanan, petugas, keselamatan, audit, asuransi) yang digunakan oleh individu atau organisasi untuk meningkatkan kemungkinan mencegah dan mengendalikan kerugian (misalnya; orang, uang, …

training Loss Prevention and modern security Read More »